Pitbull

Armando Christian Perez atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Pitbull adalah rapper asal Amerika. Ia lahir di Miami, Florida, USA 14 Januari 1981. Pitbull diasuh oleh ibunya setelah orangtuanya bercerai. Ia pun sempat hidup dengan keluarga angkatnya di Roswell, Georgia. Namun saat usianya menginjak 16 tahun ia diusir dari rumah karena menjadi penjual narkoba.

Nama anjing pitbull dipilih penyanyi 32 tahun ini karena ia anggap sangat mewakili kepribadiannya. “Anjing pitbull menggigit untuk mendapatkan sesuatu. Selain itu anjing ini dilarang di Kota Dade. Anjing itu sangat cocok denganku,” ungkapnya.

Karir musik Pitbull berawal di Luke Records, 2001. Dari sana ia bertemu Robert Fernandez yang membawanya pindah ke HitQurters. Ia pun mulai mengembangkan kemampuan bermusiknya. Perkenalan Pitbull dengan Lil Jon melalui Robert menandai awal karirnya. Ia kemudian didapuk tampil sebagai rapper di album “Kings of Crunk”.

Mr. 305, panggilan Pitbull, meluncurkan album perdananya, “M.I.A.M.I”, 3 Agustus 2004. Album dengan single andalan “Culo” tersebut debut di posisi ke-32 Billboard Hot 100 dan ke-11 Hot Rap Tracks.

Album kedua Pitbull rilis 31 Oktober 2006. Album yang bertajuk “El Mariel” tersebut ia dedikasikan untuk sang ayah. Ayahnya meninggal bulan Mei di tahun tersebut. Selain lagu-lagu berirama pesta, Pitbull memasukkan lagu bertema politik. Album tersebut sukses menempati posisi 17 Billboard 200 dan nomor 2 tangga lagu rap.

Setahun sesudahnya, Pitbull keluarkan album ketiganya, “The Boatlift”. Pada album yang rilis 27 November 2007 tersebut, Pitbull berkolaborasi dengan sejumlah penyanyi seperti Lloyd, Trina dan Lil Jon. Beberapa lagu di album itu sukses masuk daftar tangga lgu terkenal seperti “Go Girl” di urutan ke-80 Billboard Hot 100 dan “The Anthem” No. 36 Hot 100 dan No.11 Hot Rap Tracks.

Album keempatnya yang mengusung lagu “I Know You Want Me” rilis 28 Agustus 2009. Lagu tersebut debut dengan menempati posisi ke-2 Hot 100 dan nomor 1 di Perancis. Ia juga berkolaborasi dengan Alexandra Burke di lagu “All Night Long”. Selain itu, dia menyumbangkan suara sebagai rapper di lagu “DJ Got Us Fallin’ in Love” milik Usher, 2010. Setahun kemudian, Februari 2011, Pitbull bekerja sama dengan Jennifer Lopez pada single hits “On the Floor” dan “Fresh Out the Oven”.

Pitbull tercatat menghadirkan 7 album sepanjang karirnya, “M.I.A.M.I.” (2004), “El Mariel” (2006), “The Boatlift” (2007), “Rebelution” (2009), “Armando” (2010), “Planet Pit” (2011) dan “Global Warming” (2012). Ia kembali hadir dengan album baru 2014 mendatang. Melalui akun Twitternya @Pitbull, rapper ini mengungkapkan bahwa album ke-8 ini diberi judul “Meltdown”.

Pitbull juga sempat berurusan dengan kasus hukum. Lindsay Lohan menuntut rapper ini karena penggunaan namanya di lirik lagu “Give Me Everything”. Namun Pitbull memenangkan kasus tersebut dengan dasar kebebasan berkreasi di Amerika. Selain itu, ia ditangkap pada 21 Desember 2007 akibat berkendara sambil mabuk. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, ia kemudian membayar denda sebesar USD 1000 (Rp 11 juta).

Pitbull pun sempat terlibat masalah dengan fans. Ia memukul seorang penonton di sebuah konser tahun 2009. Pelantun lagu “Hotel Room Service” ini menyebutkan bahwa penonton tersebut bertindak kurang ajar kepadanya. Pasalnya, penonton tersebut terus menerus melempar uang ke wajahnya. – See more at: http://www.wowkeren.com/seleb/pitbull/bio.html#sthash.n7M1yqif.dpufhttp://www.wowkeren.com/seleb/pitbull/bio.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s